MADANIS Live

Sabtu, 21 Februari 2009

Kreasi batik kimono asli Indonesia

smpmadanis, Semua orang tahu bahwa kimono adalah busana tradisional khas Jepang, sementara batik adalah busana khas Indonesia. Apa jadinya bila kimono dan batik dipertemukan atau bahkan dicampur dalam sebuah fashion?

Sekitar 50 desain perpaduan batik dan kimono baru-baru ini ditampilkan dalam ajang Indonesia-Japan Expo 2008. Perpaduan batik dan kimono ini menampilkan banyak jenis keperluan fashion, ada batik kimono untuk bersantai, batik kimono untuk jalan-jalan, batik kimono untuk remaja, bahkan tersedia pula batik kimono untuk bekerja. Koleksi batik kimono ini merupakan hasil karya desainer-desainer dari Indonesia dan Jepang. Secara garis besar, perpaduan batik kimono ini menampilkan busana kimono terbuka dengan bahan dan corak batik.

Salah satu model fashion Komono-Batik. (NTDTV Indonesia)
"Kombinasi batik dengan kimono itu, pertama kita menyesuaikan dengan motif batiknya dulu, karena orang Indonesia suka memakai baju model kimono, jadi di-desain jadi satu sepertinya cocok. Maka kita tampilkan di sini," kata Nulia - Tim Desainer Batik Kimono dari Indonesia.

Perwakilan Tim Desainer Batik Kimono dari Jepang mengatakan, "Sebetulnya, orang Indonesia suka budaya Jepang, orang Jepang suka budaya Indonesia. Karena sudah sejak 300 tahun yang lalu, ibu-ibu Jepang sudah cinta batik, mereka import dibikin kimono. Jadi saya harapkan penampilan ini dapat mempererat hubungan Indonesia dan Jepang." (ndy)

Tidak ada komentar: