MADANIS Live

Sabtu, 21 Februari 2009

Gasak Fulahm 3-0 MU


Smpmadanis, Persaingan menuju takhta juara Premier League musim ini semakin mengerucut. Setelah melewati 25 laga, kandidat kampiun mengarah pada dua klub, Manchester United dan Liverpool. Hal itu tak lepas dari kemenangan 3-0 United saat menjamu Fulham di Stadion Old Trafford, Manchester, kemarin dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Setan Merah -julukan United- leading lima poin (59-54) dari si Merah (The Reds) -sebutan Liverpool. Bagaimana dengan kontestan lain? Chelsea yang semula menjadi salah satu kandidat juara kini sudah tertinggal 10 poin (49 poin) dengan United.

Aston Villa yang menguntit di peringkat ketiga juga masih dianggap sebatas kuda hitam. Bagi Villa, target bertahan di zona Liga Champions alias empat besar jauh lebih realistis. Di tengah persaingan yang ketat tersebut, Villa dan Chelsea harus saling jegal Sabtu besok (21/2) di Villa Park.

William Hill, rumah bursa terkenal di Inggris, menempatkan United dan Liverpool di posisi atas calon juara. Sedangkan peluang Chelsea dan Villa jauh lebih kecil (lihat grafis). ''Hanya Liverpool yang masih menjadi penantang serius kami dalam perburuan gelar musim ini. Peluang Chelsea telah musnah seiring keputusan mereka memecat Luiz Felipe Scolari,'' kata Sir Alex Ferguson, pelatih United, kepada MUTV.

Pernyataan senada meluncur dari Jamie Carragher, defender andalan Liverpool. ''Dibandingkan musim lalu (finis di posisi keempat, Red), raihan kami sejauh ini cukup membanggakan. Namun, kami tidak akan membiarkan Manchester United melenggang sendirian. Saya kira, kami masih bisa menghentikan laju mereka,'' papar pemain 31 tahun itu.

Pertemuan United lawan Liverpool di Old Trafford pada 14 Maret nanti bakal menjadi laga krusial bagi kedua kubu. Jika United yang menang, laju mereka bakal makin tak terkejar untuk meraih gelar ke-18 di kompetisi level teratas Inggris. Pencapaian itu bakal menyamai torehan gelar Liverpool.

''Pengalaman musim 1997/1998 menjadi pelajaran berharga saat kami mampu unggul 12 poin dari Arsenal. Tapi, yang terjadi adalah mereka bisa mengejar dan akhirnya mencuri gelar kami. Yang penting, saat ini kami tetap menjaga tren luar biasa kami,'' terang Fergie kepada Sky Sports.

Tren luar biasa yang dimaksud Fergie adalah sukses United meraih kemenangan kesembilan beruntun. Tiga gol kemenangan Setan Merah kemarin dibuka Paul Scholes pada menit ke-12, Dimitar Berbatov (30'), dan Wayne Rooney (63').

Kemenangan atas The Cottagers -sebutan Fulham- sekaligus menjaga catatan tak terkalahkan United dalam 14 laga terakhir. Plus rekor tidak kebobolan (clean sheet) yang dicatat kiper United Edwin van der Sar. Total, gawang kiper asal Belanda itu belum terkoyak selama 1.302 menit.

Di sisi lain, kekalahan di Old Trafford memperparah rekor away Fulham. Skuad besutan Roy Hodgson belum sekali pun menuai poin di kandang lawan musim ini. ''Kami harus membuka lebar-lebar mata kami karena mencuri poin dari Manchester United saat ini bak mimpi. Mereka terlalu tangguh dan kami sama sekali tak punya peluang di depan gawang,'' ungkap Hodgson kepada Sportinglife.

Statistik pertandingan versi Soccernet memperlihatkan, Fulham tak memiliki satu pun tembakan ke gawang. Dari penguasaan bola, klub asal London itu juga kalah telak. ''Jika Manchester United terus tampil dengan performa seperti itu, gelar juara tak perlu menunggu hingga Mei nanti,'' ujar Hodgson.(helm)

Tidak ada komentar: